Cara Mudah Membuat Logo di Corel Draw X7

Cara Mudah Membuat Logo di Corel Draw X7- Membuat logo menarik melalui software desain seperti Corel Draw memang membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus. Salah satu software yang paling sering digunakan untuk membuat desain adalah Corel Draw yang muncul dalam beberapa versi seperti Corel Draw X7 atau X8.

Namun, bagi Anda pemula, disarankan untuk menggunakan versi X7 agar lebih mudah untuk dioperasikan.  Sebagai pengetahuan dasar, logo identik dengan gambar, tulisan, dan warna yang mewakili identitas pemilik.

Hal ini haruslah ditonjolkan oleh creator ketika membuat logo. Kemudian, untuk lebih detail lagi mengenai pembuatan logo berikut ini ulasan mengenai cara mudah membuat logo melalui software Corel Draw X7:

Persiapkan Alat

Ketika membuat logo tidak mungkin dibuat tanpa persiapan, oleh karena itu untuk menghindari adanya hambatan dalam proses usahakan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan matang. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah software atau aplikasi untuk menggambar yaitu Corel Draw.

Untuk lebih memudahkan Anda sebagai pemula disarankan untuk menginstal software Corel Draw versi X7 yang cenderung kompatibel dengan kapasitas laptop dan beberapa versi windows lama (jika Anda menggunakan Windows).

Buatlah Sketsa Terlebih Dahulu

Setelah menginstal aplikasi Corel Draw X7 di laptop Anda, jangan terburu-buru untuk mengoperasikannya. Sebelum membuat logo di aplikasi, ada baiknya Anda menggambar sketsa desain logonya terlebih dahulu dalam kertas. Sesuaikan sketsa dengan desain yang Anda inginkan, mmisalnya menggunakan huruf, warna, gambar lain seperti hewan atau tumbuhan yang sesuai dengan konsep dan filosofi dari logo yang diinginkan.

Buat Huruf Menggunakan Pen Tool di Corel Draw X7

Bentuk logo yang diinginkan dalam pembuatan haruslah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya dalam sketsa. Misalnya jika dalam logo akan menonjolkan tulisan, maka buatlah tulisan tersebut semenarik mungkin dengan rapi menggunakan pen tool yang ada di tool bar sebelah kiri aplikasi.

Menggunakan Extrude

Tool Extrude dalam Corel Draw X7 berfungsi untuk membuat bayangan atau efek tiga dimensi (3D) pada tulisan atau gambar yang Anda buat dalam logo. Jika logo yang telah dirancang, ingin menegaskan salah satu subjek dalam logo seperti tulisan misalnya, Anda dapat menggunakan tool ini agar tulisan dalam logo dapat lebih menonjol dan menjadi ciri logo yang Anda buat. Kemudian untuk membentuk kesan 3D, Anda tinggal mengklik subjek kearah yang diinginkan. Misalnya kearah atas, bawah, kanan, atau, kiri sesuai dengan konsep yang telah dibuat dalam sketsa.

Menggunakan Break Object

Penggunaan tool break object ketika membuat logo di aplikasi Corel Draw X7, dimaksudkan untuk mengubah bayangan 3D yang dibuat menjadi bentuk layer sendiri-sendiri di setiap sisinya. Pembentukan layer ini dapat memudahkan dalam pembuatan shadow atau gradasi.

Ungroup All Object pada Desain Logo

Hal lain yang perlu Anda lakukan setelah melakukan break object adalah menggunakan tool ungroup all object. Hal ini dilakukan untuk pembuatan gradiasi warna pada logo,jika tidak dilakukan gradasi warna tidak akan muncul karena objek utama masih menyatu dengan objek 3D.

Membuat Gradasi Warna

Sebagai penyempurna logo, gradasi warna perlu Anda tambahkan. Setelah menentukan warna yang diinginkan dalam sketsa, Anda tinggal mengaplikasikannya ketika membuat desain di aplikasi Corel Draw.

Untuk mengradasi warna pilihlah tool Edit Fill dan kemudian pilih gradasi warna jenis Fountain Fill lalu pilih Eliptical Fountain Fill. Setelah selesai, jangan lupa untuk melakukan pengecekan kembali apakah desain logo yang diinginkan telah sesuai. Itulah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat logo dalam aplikasi Corel Draw X7. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*